Foto : indonesiabertanam.com

Usaha Jamur Tiram Solusi Wirausaha Sukses Terbaru

Posted on

Indonesia merupakan negara tropis yang diberkahi dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Salah satunya jamur tiram, di alam liar. Tumbuhan ini dapat dijumpai sepanjang tahun di hutan pegunungan yang daerahnya memiliki udara yang sejuk.

Jamur merupakan salah satu jenis jamur yang dapat di konsumsi. Oleh karenanya, jika anda mau untuk membuka usaha jamur tiram pasti akan menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

Jamur ini termasuk dalam kelas Homobbasidiomycetes dari kelompok. Basiomycota dengan ciri- ciri umum berarna putih hingga krem dan bagian atas berbentuk setengah lingkaran.

Mirip dengan cangkir tiram namun bagian tengah agak cekung. Diameter jamur ini berkisar antara 5- 20 cm dan memiliki misela berwarna putih. Misela inilah yang menyebabkan tumbuh kembang jamur ini sangat cepat.

Usaha Jamur Tiram
Foto : peluangpengusaha.wordpress.com

Mengapa Harus Membuka Usaha Jamur Tiram?

Sudah sejak beberapa tahun belakangan ini komoditi pembudidayaan jamur tiram ini menjadi primadona di Indonesia. Alasanya karena biaya operasional yang murah dan dapat dikembangkan secara bertahap.

Selain itu alasan utama para pelaku bisnis melirik usaha ini adalah pangsa pasar yang sangat luas dan tak terbatas. Sehingga sangat menjanjikan prospek ke depan yang bagus.

Bagi sebagian orang menjadi wirausahawan merupakan cita- cita. Bagi anda yang baru ingin memulai karir usaha perorangan. Bisnis usaha jamur tiram ini cukup mudah dan memberikan harapan kedepanya asalkan anda tekun.

Untuk memulai usaha ini tentunya ada beberapa hal yang harus perhatikan agar hasil yang di dapatkan sesuai dengan keinginan anda. Secara alami, jamur tiram dapat ditemukan dan tumbuh di bawah pohon berdaun lebar atau tanaman berkayu. Sehingga anda harus menyiapkan media sebagai tempat pertumbuhannya nanti.

Biasanya menggunakan limbah gergaji kayu atau jerami yang sebelumnya telah di sterilkan. Dengan merebusnya terlebih dahulu untuk mendapatkan jamur yang sesuai dengan pangsa pasar.

Baca juga : Ide Usaha Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Besar Terbaru

Media ini dapat digunakan berulang- ulang sesuai tergantung dengan kondisi gergaji atau jerami tersebut. Media ini biasanya di buat silinder atau memanjang agar memudahkan dalam proses panen.

Mengapa Harus Membuka
Foto : yusufmansur.com

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jamur Tiram

Perlu anda ketahui jamur ini tumbuh secara menyamping. Sehingga anda bisa menaruh media secara tidur dan dapat menumpuknya sehingga akan menghemat tempat.

Anda juga harus selalu mengontrol suhu ruangan pada kandang jamur tersebut. Usahakan suhu udara di bawah 25’C, karena nantinya akan mempengaruhi warna jamur. Anda juga harus rutin menyiramnya dua kali sehari.

Yang terpenting adalah jamur ini sangat sensitive terhadap sentuhan. Apabila anda menyentuh benih jamur yang muncul. Maka ia tidak akan berkembang membesar lagi. untuk masalah pencahayaan, tanaman ini memerlukan sekitar 60- 70%.

Usia jamur ini cukup panjang sekitar enam bulan dengan hasil panen setiap dua hari sekali, sangat produktif bukan? Adapun manfaat yang terkandung pada jamur ini yaitu. Sebagai penurun kolesterol, anti bacterial dan anti tumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolis dan enzim oksidasi.

Baca juga : Inovasi Membuka Usaha keripik Singkong Terbaru

Jamur tiram juga dipercaya ampuh membunuh nematoda. Usaha jamur tiram ini bisa anda jadikan sebagai solusi usaha anda karena sangat menjanjikan serta mudah dalam penangananya. Anda dapat menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan atau cadangan sebelum pensiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *