Foto : www.gezondheidsnet.nl

Tips Menyembuhkan Luka Diabetes dengan Cepat Terbaru

Posted on

Anda penderita gejala diabetes? Memiliki luka borok di sekitar kaki atau organ tubuh lainnya? Jangan sampai luka borok tersebut Anda biarkan terlalu lama jika tidak ingin luka itu melebar ke mana-mana. Berikut adalah ulasan mengenai cara menyembuhkan luka diabetes dengan cepat.

Memiliki luka kaki diabetes memang sangat berbahaya dan patut untuk diwaspadai oleh seseorang. Jika tidak ingin luka melebar, maka ada baiknya jika Anda mencegahnya. Tetapi jika Anda sudah terlanjur terkena luka diabetes di kaki, maka perlu dilakukan perawatan untuk luka diabetes.

4 Tips Menyembuhkan Luka Diabetes dengan Cepat
Foto : hellosehat.com

4 Tips Menyembuhkan Luka Diabetes dengan Cepat

Berikut ini adalah tips merawat luka kaki diabetes atau menyembuhkan luka diabetes dengan cepat. Agar nantinya tidak menyebar dan bisa disembuhkan dengan perlahan.

1. Kontrollah Secara Rutin Luka Diabetes

Ada dua jenis luka diabetes yaitu luka basah dan juga luka kering. Kedua jenis luka diabetes ini juga memiliki penanganannya sendiri yang berbeda. Jika luka diabetesnya basah, maka sebaiknya dibalut dengan perban agar nantinya tidak terkena debu dan air.

agar luka bisa lebih cepat kering dan tidak akan menimbulkan infeksi. Luka diabetes yang basah perlu sedikit diangin – anginkan agar luka tersebut bisa segera sembuh.

Mengontrol luka kaki diabetes memang sangat penting untuk Anda lakukan agar luka tersebut bisa dipantau setiap saat. Mengontrol secara rutin luka diabetes. Berfungsi agar nantinya luka tidak menimbulkan infeksi baru dan tidak semakin melebar serta menyebar ke jaringan tubuh yang lainnya.

Baca juga : Mengenali Jenis dan Gejala Iritasi Mata Berat Terbaru

Sebenarnya untuk mengontrol luka diabetes bisa Anda lakukan sendiri. Hanya saja jika Anda belum berpengalaman dan kurang tahu cara atau langkah – langkah mengontrolnya. Maka sebaiknya Anda rutin pergi ke dokter agar bisa ditangani dengan lebih baik.

2. Hentikan Pendarahan

Jika Anda memiliki luka kaki diabetes melitus yang masuk dalam jenis basah dan juga mengalami pendarahan.  Maka ada baiknya jika Anda segera menghentikan pendarahan tersebut. Bagaimana cara menghentikannya?

Penghentiannya adalah dengan cara menekan luka yang menimbulkan darah tersebut dengan kain kasa yang steril hingga pendarahan tersebut bisa berhenti.

3. Gunakanlah Antiseptic

Jika Anda ingin membersihkan luka, maka gunakanlah antiseptic yang akan membantu Anda untuk menyembuhkan luka diabetes dengan cepat. Hal ini dikarenakan di dalam luka kaki diabetes muncul beberapa virus dan bakteri yang bisa menginfeksi jaringan tubuh Anda lainnya.

Jika Anda menggunakan antiseptic. Maka nantinya antiseptic akan mencegah dan menghambat kuman serta virus. Dan bakteri yang berkembang dan menyebar ke jaringan tubuh Anda yang lainnya.

4. Balutlah Luka

Jika luka kaki diabetes sudah bernanah, maka Anda harus rutin membersihkannya agar nantinya bisa selalu bersih dan infeksi. Rutin bersihkanlah luka setiap hari dengan rivanol menggunakan kain kasa yang steril dan jangan Anda menggunakan kapas.

Baca juga : Mengenal Penyebab Dan Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Bayi Terbaru

Selain menggunakan rivanol, taburkan pula bubuk norit yang halus ke dalam luka tersebut. Dan balutlah lagi dengan kain kasa dan juga perban agar lukanya tertutup dan tidak terkena debu dan air.
Seperti itulah tips mengenai cara menyembuhkan luka diabetes dengan cepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *