Perawatan-Luka-Diabetes
Foto : aminetn.wordpress.com

Perawatan Luka Diabetes Aman Secara Alami Terbaru

Posted on

Perawatan Luka Diabetes – Tak boleh sembarangan dalam mengobati luka diabetes. Bukan luka biasa sehingga membutuhkan usaha lebih untuk menyembuhkannya. Penyakit diabetes sendiri merupakan penyakit jangka panjang disebabkan kadar gula dalam darah yang naik.

Semua itu tak lain pengaruh dari ketidakmampuan hormon insulin mengontrol jumlah glukosa dalam darah. Nah, dampak negatif dari penyakit diabetes adalah luka pada kulit yang memang sulit untuk disembuhkan. Bahkan bisa kemungkinan diamputasi bila luka akut.

Perawatan Luka Diabetes
Foto : www.kencanawoundcare.com

Perawatan Luka Diabetes

1. Tanda Gejala Penyakit Diabetes

Adapun dua jenis penyakit diabetes yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi akibat rusaknya pankreas penghasil insulin, namun tipe ini jarang terjadi. Sedangkan diabetes 2 sering terjadi pada umumnya hingga 80%.

Tipe 2 ini terjadi akbat produksi insulin yang berkurang atau sel tubuh kurang peka terhadap insulin. Lalu, apakah tanda-tanda Anda mengidap penyakit diabetes? Baik tipe 1 maupun 2 memiliki gejala yang sama.

Bila Anda merasa haus dan lapar berlebihan, bisa jadi penyakit diabetes mulai menyerang Anda. Namun, ditambah lagi dengan lemahnya tubuh mudah lelah di pagi dan sore hari disertai dengan seringnya buang air kecil.

Baca juga : 2 Jenis Luka Diabetes yang Patut Diwaspadai Terbaru

Selain itu, meski Anda makan porsi banyak namun berat badan Anda justru turun. Terjadi iritasi kulit menjadi gatal dan sensitive terlebih pada bagian genital.

2. Penyebab Luka Diabetes Sulit Disembuhkan

Luka yang disebabkan oleh penyakit diabetes dimulai dengan kesemutan yang sangat hebat. Setelahnya menjadi mati rasa dan membentuklah sebuah luka. Tentu saja naiknya gula darah membuat bakteri dan kuman bahagia di area luka tersebut.

Pada akhirnya luka menjadi sulit kering bahkan hingga membusuk. Berdasarkan medis, luka diabetes pada kaki disebabkan oleh bakteri dan tidak cukup diberi obat antibakteri saja.

3. Cara Perawatan Luka Diabetes

Penyakit diabetes ini sulit untuk diketahui karena bisa secara tiba-tiba Anda tes kesehatan dengan hasil mengalami diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lakukan cek gula darah secara rutin untuk mengantisipasi terserangnya diabetes.

Bila penyakit ini hingga menyebabkan luka, maka sebaiknya Anda segera melakukan perawatan luka diabetes baik secara medis maupun herbal.

Pengobatan luka diabetes dapat dilakukan dengan dokter ahli. Konsultasikan hal ini pada dokter Anda untuk mendapat penanganan yang tepat. Biasanya Anda akan diberikan obat dengan dosis dan aturan sesuai anjuran dokter.

Bila luka sudah akut hingga membusuk, dokter pasti akan menyarankan untuk amputasi agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Jika Anda tidak menyukai obat-obatan, ada alternatif lain menggunakan obat herbal buatan rumah. Hanya membutuhkan kunyit, mahkota dewa, brotowali, dan TNO. Untuk kunyit, cukup rebus dan tambah 1 sdt garah dapur.

Untuk mahkota dewa, rebus 5 potong tangkai mahkota dewa dengan 3 lembar daun salam. Dengan menggunakan tanaman brotowali, cukup 10 meter batang direbus dan ditambah akar pepaya yang sudah dicuci.

Baca juga : Iritasi Mata Karena Softlens Terbaru

Masing-masing obat herbal tersebut bisa diminum 2 kali sehari. Sedangkan TNO merupakan produk obat luka diabetes yang cukup efektif untuk menutup luka diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *