Mengetahui-Faktor-Faktor-Iritasi-Mata
Foto : www.appletreebsd.com

Mengetahui Faktor-Faktor Iritasi Mata Terbaru

Posted on

Iritasi mata dapat mengurangi kenyamanan bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak heran, iritasi mata bahkan bisa menjadikan seseorang frustasi. Sebenarnya, iritasi mata dapat dengan mudah diatasi jika Anda mengetahui penyebab pasti atau faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya iritasi.

iritasi mata
Foto : www.insto.co.id

Faktor Penyebab Iritasi Pada Mata

Berikut ini kami menyajikan informasi mengenai penyebab atau faktor iritasi mata. Iritasi mata dapat terjadi karena beberapa faktor. Seperti kotoran yang disebabkan debu yang menempel pada bulu mata yang berdekatan dengan kelopak mata, hal tersebut juga memicu iritasi. Selain debu ada faktor-faktor lain, seperti:

1. Okuler Rosacea

Okuler rosacea merupakan kondisi dimana kulit mengalami peradangan. Saat kulit didaerah sekitar mata yang mengalami peradangan, maka terjadilah iritasi mata. Iritasi tersebut dapat menyebabkan mata menjadi bengkan dan menimbulkan rasa panas pada mata.

2. Keraritis

Peradangan disekitar kornea mata atau yang disebut dengan kerartis juga merupakan faktor terjadinya iritasi mata. Pada kondisi ini, ada luka atau radang dibagian kornea yang terbuka sehingga mata menjadi sakit dan bengkak.

3. Iritis

Irits merupakan peradangan yang terjadi pada iris mata yang dapat menyebabkan iritasi pada mata. Iritis dapat disebabkan oleh alergi terhadap kontak lensa. Penggunaan make up sekitar mata, paparan debu, serta mata merah karena virus flu atau lainnya.

4. Blepharitis

Blepharitis adalah keadaan dimana kelopak mata terinfeksi yang disebabkan oleh bakteri. Biasanya, iritasi mata jenis ini bisa menyebabkan peradangan pada bulu mata. Mata mengeluarkan cairan kuning pekat dan sulit untuk mmebuka mata saat cairan tersebut kering.

5. Mata Kering

mata kering disebakan oleh kurangnya air mata yang brfungsi untuk melumasi mata dan memeliharanya. Saat air mata tersebut kurang, maka yang terjadi adalah iritasi mata. Kornea dan knjungtiva menjadi kering dan mata terasa perih.

Mengetahui Faktor-Faktor Iritasi Mata Terbaru
Foto : hellosehat.com

Cara Alternatif Mengatasi Iritasi Mata

Itulah beberapa faktor iritasi mata yang sering terjadi. Selanjutnya, ada beberapa cara dalam mengatasi iritasi mata. Pada dasarnya, pengobatan iritasi mata tergantung pada faktor penyebab dari iritasi mata itu sendiri. Perawatan dasar yang biasa dilakukan adalah. Dengan menggunakan obat tetes mata antibiotik atau obat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan pada mata.

Selain itu, adala beberapa alternatif lain sperti pengompresan pada sekitr mata yang mengalami iritasi. Dengan mengmpres mata dengan air hangat atau dingin akan mengurangi iritasi mata. Juga faktor makanan juga bisa berpengaruh. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin A sangat dianjurkan. Vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata.

Disamping itu, menjaga kebersihan mata dengan menggunkan kacamata saat berada didaerah yang berdebu juga bisa mencegah iritasi semakin parah. Lalu, hindari untuk mengucek mata saat keadaan tangan kotor. Hal tersebut akan memperparah keadaan mata yang terinfeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *