Perubahan-hormon
Foto : hellosehat.com

Mengenali Penyebab Jerawat pada Bayi Terbaru

Posted on

Sudah lumrah jika jerawat muncul pada usia-usia pubertas atau pun setelahnya. Namun jika jerawat tumbuh di kulit bayi, sebagai orang tua, mungkin saja Anda merasa heran can cemas. Jerawat yang muncul pada kulit bayi disebut dengan istilah acne neonaturon.

Yang pada umumnya dialami oleh baru yang baru lahir. Jerawat tersebut biasanya tumbuh diarea sekitar wajah, leher, punggung atau pun pada lengan. Lalu, apa sajakah penyebab dari timbulnya jerawat pada kulit bayi? berikut ini adlah penjelasannya.

jerawat bayi
Foto : Ilmugrafika.id

 Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Bayi

1. Perubahan Hormon

Tidak hanya terjadi pada saat masa pubertas, perubahan hormon juga dapat terjadi pada saat usia bayi. Perubahan hormon pada tubuh bayi dapat mempengauhi kelenjar minyak pada kulit bayi. Hormon yang berubah pada bayi yang menjadi penyebab timulnya jerawat adalah hormon andrenal androgen.

Selain itu perubahan hormon sang ibu yang menyusui juga dapt berpengaruh pada bayi yang disusuinya. Perubahan hormon tersebut berpengaruh pada kelenjar minyak hingga akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat. Tidak perlu khawatir, peristiwa tersebut sangat wajar terjadi.

Setelah beberapa waktu jerawat-jerawat akan menghilang dengan sendirinya tanpa ada perawatan khusus. Namun, jika terlihat gejala lain dari jerawat yang muncul, Anda perlu mengkonsultasikannya dengan pihak dokter.

2. Obat-obatan

Disamping faktor hormonal, ada faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada bayi. Obat-obatan baik yang dikonsumsi langusng oleh bayi maupun sang ibu memiliki pengaruh terhadap timbulnya jerawat.

Obat-obatan yang terkandung dalam obat kontrasepsi dan anti depresan yang dikonsumsi sang ibu akan berpengaruh pada bayi melalui air susunya. Sistem imunitas bayi yang masih belum sempurna menyebabkan obat-obatan tersebut bereasksi menjadi permasalahan pada kulir bayi.

Penyebab jerawat pada bayi yang disebabkan oleh obat-obatan sebaiknya segera dikonsultasikan kepada dokter. Pengaruh obat-obatan tersebut dikhatirkan memiliki efek samping kesehatan lainnya sehingga perlu di tangani secara khusus.

Baca juga : Tips Mengatasi Jerawat Komedo Diwajah Terbaru

Itulah dua penyebab timbulnya jerawat pada bayi. Lalu, seperti apakah gejala dari jerawat yang tumbuh pada bagian tubuh bayi? Pertama, jerawat ditandi dengan bintik-bintik atau bahkan benjolan kecil berwarna merah.

Mengenali penyebab jerawat pada bayi
Foto : rahasia-wanita.com

Bagian Bayi Yang Ditumbuhi Jerawat

Area yang biasanya timbul jerawat adalah hidung, pipi, dahi, leher, punggung, atau bagian tubuh lainnya. Jerawat tersebut biasanya timbul setelah 2 samapai 4 minggu setalah dilahirkan.

Selanjutnya, sering dengan timbulnya jerawat tersebut bayi akan menjadi rewel atau sering menangis. Bagi sebagian bayi, benjolan merah akan disertai dengan benjolah putih yang disebut dengan milia.

Sebenarnya, benjolan putih tersebut tidak berkaitan dengan tumbuhnya jerawat hanya saja tumbuhnya bersamaan. Milia atau benjolah ptih tersebut akan hilang dengan sendirinya lebih cepat atau tambat dari jerawat.
Tumbuhnya jerawat pada bayi sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatikan.

Baca juga : Tips Aman Mengatasi Jerawat Di Dahi Terbaru

Hal tersebut sangat wajar terjadi sebagai bentuk penyesuaian diri sang bayi dengan lingkungan barunya. Jerawat-jerawat pada bayi tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Namun demikian, berkonsultasi dengan dokter akan membuat Anda, orang tua, tidak merasa cemas yang berlebihan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *