Gejala-iritasi-mata-ringan
Foto : caramelentikanbulumata.com

Mengenali Iritasi Mata Ringan Terbaru

Posted on

Mata dalah salah satu panca indera dalam tubuh manunisa yang sangat penting untuk mengenali obyek sekitar dengan melihat secara visual. Dengan mata kita kita bisa mengenali dan membedakan warna-warna, serta meihat agungnya ciptaan sang maha kuasa.

Dalam keadaan tertentu, mata kita menjadi merah serta gatal yang menandakan adanya iritasi mata ringan. Namun demikian, hal tersebut bisa mengganngu kenyamanan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Mata merah dan gatal merupakan fenomena yang lumrah terjadi terutama didaerah dengan tingkat polusi tinggi. Mata merah yang disebabkan oleh paparan debu dan asap dapat dikategorikan sebagi iritasi mata yang ringan dan mudah untuk diatasi. Berikut ini kami rangkum beberapa gejala dan cara mengatasi iritasi mata ringan.

iritasi mata
Foto : @hellosehat.com

Gejala Iritasi Mata Ringan

Gejala iritasi mata ringan dapat ditunjukkan dengan mata merah tanpa adanya penurunan kualitas penglihatan mata Anda. Selanjutnya, ada beberapa krteria atau sifat dari warna merah yang ada pada mata yang terinfeksi. Pertama, warna merah pada mata dapat di gerakan dan reaksi pupil masih normal.

Selanjutnya, pembuluh darah atau warna merah pada mata berwarna merah yang segar atau tidak pekat. Didaerah tepi mata, ukuran pembuluh darah tersebut terlihat membesar. Ketiga, mata terasa gatal dan rentan mengeluarkan air mata. Disamping itu, Anda tidak merasakan silau meski tidak menatap matahari.

Mengenali Iritasi Mata Ringan Terbaru
Foto : kesehatanaz.com

Cara Mengatasi Iritasi Mata Ringan

Meski tidak membahayakan, iritasi mata ringan harus segera ditangani. Penanganan yang terlambat akan mengakibatkan keadaaan mata menjadi lebih berbahaya. berikut ini tips mengatasi mata meraha karena iritasi ringan.

• Gunakan Tetes Mata

Obat tetes mata sangat mudah Anda temukan baik di apotek, swalayan, atau pun warung sekitar. Tetes mata tersebut biasanya mengandung zat tetrahidrozolin HCL yang mampu mengurangi pembuluh darah mata mata.

Sehingga warna merah pada mata akan memudar dan kembali normal. Jika iritasi mata Anda tidak berkurang setalah menggunakan tetes mata selama kurun waktu beberapa hari, segera hubungi dokter.

• Kompres Mata

Iritasi mata ringan yang bisa disebabkan oleh paparan debu dan asap juga bisa disebabkan karena mata lelah. Mengompres mata dengan kain yang dicelupkan kedalam air hangat atau dingin akan mengurangi rasa gatal dimata Anda. Selain itu, ada beberapa bahan tambahan untuk mengompres mata seperti minyak kelapa, teh hijau, madu, lidah buaya, dan yang lainnya.

• Jangan Mengucek Mata

Iritasi mata ringan pada mata membuat mata menjadi gatal. Kegitan mengucek-ngucek mata sering kali dilakukan untuk mengurangi rasa gatal. Padahal, hal tersebut adalah hal yang harus dihindari untuk menghindari bertambahnya pembuluh darah.

Terlebih saat tangan sedang kotor, kemungkinan mata untuk terkena bakteri atau virus lainnya menjadi tinggi. Sehingga hal tersebut menjadikan mata merah karena iritasi ringan tersebut tak kunjung sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *