Penyebab-iritasi-mata-pada-bayi
Foto : dokter-z.blogspot.co.id

Mengenal Penyebab Dan Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Bayi Terbaru

Posted on

Usia bayi sangat rentan terkena gangguan kesehatan karena daya tahan tubuhnya yang masih belumsempurna. Sehingga tidak heran jika virus dan bakteri kerap menyerang sistem imunitas bayi. Salah satu anggota tubuh bayi yang biasa terkena infeksi adalah mata.

Sebagai orang tua, kesadaran akan iritasi mata pada bayi harus ditingkatkan. Hal ini karena mata adalah salah satu panca indera yang berfungs untuk melihat. Ada beberapa penyebab iritasi mata yang terjadi pada bayi yang harus Anda ketahui.

Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan mudah untuk menentukan cara pengobatan yang cocok. Selain itu deteksi dini juga dapat mencegah iritasi menjadi fatal. Berikut ini adalah beberapa hal terkait penyebab dan cara mengetasi iritasi mata pada bayi.

iritasi mata bayi
Foto : id.wikipedia.org

Penyebab Iritasi Mata Pada Bayi

Iritasi mata pada bayi biasanya ditandai dengan mata bayi menjadi merah, bengkak, berair, dan gatal. Jika ada melihat bayi Anda seringkali mengucek-ngucek matanya dan terlihat kemerahan, ada kemungkinan mata bayi Anda terkena iritasi. Iritasi mata dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah virus, gejala ini biasa disertai dengan terjadinya flu pada anak.

Baca juga : Mengenali Iritasi Mata Ringan Terbaru

Selanjutnya adalah iritasi yang disebabkan oleh bakteri hemophilus, taphylococcus, dan streptococcus. Faktor lain yang juga berpotensi menyebabkan iritasi mata pada bayi adalah. Alergi terhadap asap roko, debu, maupun perlengkapan mandi seperti sabun dan shampoo. Alergi tersebut bisa menyebabkan mata merah, gatal, berair, serta bengkak.

Mengenal Penyebab Dan Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Bayi Terbaru
Foto : hellosehat.com

Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Bayi

Cara mengatasi iritasi mata yang terjadi pada bayi disesuaikan dengan faktor penyebab terjadinya iritasi. Untuk iritasi mata yang disebabkan oleh virus, sebenarnya akan menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu seminggu.

Namun, Anda harus tetap menjadi kebersihan mata bayi. Serata Anda dapat mengompres kelopak mata bayi degan kain hangat dan menghindarkan bayi mengucek-ngucek matanya.

Untuk iritasi mata pada bayi yang disebabkan oleh bakteri, Anda harus menemui dokter. Biasanya Anda disarankan untuk mengoleskan salep mata atau obat tetes mata yang diresepkan dokter. Ikuti anjuran pemberian obat tersebut.

Perlu diketahui, iritasi mata karena bakteri ini berbeda dengan iritasi yang disebabkan oleh virus dimana tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Selanjutnya, hindarkan bayi Anda dari paparan asap rokok, debu atau ganti sabun serta shampo bayi Anda. Dengan yang berbahan hypo alergenic untuk menghindari alergi.

Demikian pembahan mengenai penyebab serta tips mengatasi iritasi mata pada bayi. Dengan mengetahui penyebab serta bagaimana mengatasinya dapat mengarahkan Anda untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Baca juga : Mengenali Jenis dan Gejala Iritasi Mata Berat Terbaru

Semoga informasi tersebut bermanfaat. Dan, tetap menjaga kebersihan si kecil serta lingukangan agar terhindari dari iritasi mata. Meski dianggap ringan namun penanganan yang terlambat juga bisa membahayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *