Jenis-Iritasi-Mata-Yang-Perlu-Diketahui
Foto : hellosehat.com

Jenis-Jenis Iritasi Mata Terbaru

Posted on

Iritasi mata adalah suatu penyakit yang mengganggu dan sering membuat frustasi. Namun, jika anda memahami gejalanya maka sangat mudah dalam penanganan iritasi mata. Jenis-jenis iritasi mata dapat diketahui jika anda benar-benar memahami gejala yang timbul pada mata anda.

Mata merupakan organ yang membantu kita untuk melihat alam sekitar dan mengetahui keadaan disekeliling kita. Organ kecil ini memiliki fungsi yang sangat vital. Namun, ia juga begitu rentan karena keadaannya yang lebih terbuka dari pada bagian tubuh yang lainnya.

Iritasi pada mata bisa disebabkan karena beberapa faktor. Letak kelopak mata yang berdekatan dengan bulu mata misalnya. Hal tersebut dapat memicu terjadinya iritasi. Karena sangat mungkin debu yang menempel pada bulu mata jatuh kekelopak mata dan menyebabkan iritasi.

Jenis-Jenis Iritasi Mata Terbaru
Foto : tampilcantik.com

Jenis-Jenis Iritasi Mata

Untuk dapat mengobati iritasi mata ini, kita harus paham betul jenis-jenis iritasi mata seperti dibawah ini :

• Blepharitis, adalah infeksi yang terjadi pada kelopak mata. Bisa terjadi akibat adanya bakteri pada kulit kelopak mata. Yang selanjutnya akan menyebabkan peradangan pada folikel bulu mata.

• Iritasi mata kering. Dapat disebabkan karena kurangnya produksi air mata pada mata. Air mata memiliki fungsi penting, yaitu untuk melumasi area mata. Jika produksinya kurang, hal tersebut menyebabkan kekeringan pada daerah kornea dan konjungtiva.

• Keratitis, adalah penyakit yang mengacu pada peradangan kornea. Biasanya kornea mengalami luka terbuka. Sebaiknya segera lakukan pengobatan agar kornea tidak mengalami kerusakan lebih lanjut.

Baca juga : Mengenal Penyebab Dan Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Bayi Terbaru

• Okuler Rosacea, merupakan kondisi peradangan kulit. Saat peradangan ini terjadi disekitar mata, mata akan mengalami bengkak. Mata seperti terbakar terus-menerus dan akhirnya menyebabkan iritasi.

• Lainnya adalah iritis atau peradangan pada iris, mata merah, make up pada area mata menjadi pemicu dalam hal ini.

iritasi mata
Foto : cari–info.blogspot.com

Langkah-Langkah Saat Mata Terkena Iritasi

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis iritasi mata maka anda dapat segera mengambil tindakan atau langkah yang tepat saat mata iritasi. Bedakan berdasarkan jenisnya, maka langkah yang diambilpun berbeda.

Jika mata terkena iritasi ringan seperti mata kering. Anda bisa mengompresnya dengan air dingin. Namun, jika mata mengalami iritasi yang cukup serius seperti iritis maka anda harus memberikan obat tetes atau konsultasikan pada dokter.

Kurang lebih itulah jenis-jenis iritasi mata yang sering dialami. Masih banyak jenis iritasi mata yang lainnya seperti mata lelah, kontak lensa mata terinfeksi, dll.

Galilah lebih dalam mengenai iritasi mata dan cara pencegahan serta cara penanganannya dengan benar. Anda bisa menanyakan ha tersebut pada dokter spesialis mata atau membacanya dari buku.

Semakin banyak anda tahu, maka semakin siap anda dalam mengatasi berbagai permasalahan yang timbul pada mata anda. Baik karena iritasi maupun penyakit yang lainnya. Jenis-jenis iritasi mata seperti yang dipaparkan diatas hanyalah beberapa contoh yang sering muncul.

Baca juga : Tips Menyembuhkan Luka Diabetes dengan Cepat Terbaru

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai jenis-jenis iritasi pada mata. Kenali jenisnya, dan pahami cara pencegahan dan penangannya. Maka memiliki mata yang selalu sehat bukan lagi persoalan sulit bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *