Iritasi-mata-karena-softlens
Foto : www.elyayaa.com

Iritasi Mata Karena Softlens Terbaru

Posted on

Softlens merupakan salah satu produk pengganti kacamata. Biasanya softlens sering digunakan saat seorang penderita cacat mata (mata minus atau plus) tidak nyaman dengan kacamatanya. Namun akhir-akhir ini, softlens marak diperjual belikan secara bebas dengan harga yang murah.

Tentu saja tujuannya bukan untuk membantu penglihatan, tetapi sebagai penunjang saat berpenampilan. Tak heran jika banyak kasus beredar tentang iritasi mata karena softlens akhir-akhir ini.

Dengan menggunakan softlens, mata memang akan terlihat lebih indah. Softlens juga lebih diminati karena harganya yang jauh lebih murah ketimbang lensa kacamata. Namun, taukah anda bahwa seringnya menggunakan softlens dapat memicu terjadinya iritasi pada mata?

Iritasi mata adalah suatu keadaan dimana mata mengalami suatu gangguan yang mengganggu seperti, gatal, kering, dan memerah. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya benda asing penyebab iritasi seperti debu atau lainnya. Dan salah satu pembawa benda asing yang paling mungkin pada mata adalah penggunaan softlens.

Iritasi mata karena softlens
Foto : www.sweetlikeapeach.com

Penyebab Iritasi Mata Karena Softline

Iritasi mata karena softlens biasanya dapat terjadi karena beberapa faktor, diantaranya :

• Softlens yang anda gunakan tidak bersih

• Anda terlalu lama menggunakan softlens. Misalnya anda gunakan softlens yang sama selama 2 hari berturut-turut tanpa melepas atau membersihkannya dengan cairan softlens.

• Terlalu lama memejamkan mata saat menggunakan softlens, atau bahkan tertidur saat menggunakan softlens.

Hal-hal tersebut memicu terjadinya iritasi mata karena softlens. Hindari hal-hal tersebut jika anda masih sayang pada mata anda. Menjaga kebersihan softlens anda adalah kunci utama.

Gejala iritasi mata karena softlens ini biasanya ditandai oleh rasa gatal pada mata saat atau setelah menggunakan softlens. Mata menjadi merah, dan biasanya terasa perih jika iritasi sudah semakin parah. Dan mulailah muncul rasa khawatir jika sudah kejadian. Padahal mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya iritasi mata karena softlens? Softlens pada dasarnya memerlukan perlakuan yang sangat khusus. Mulai dari cara perawatan, pembersihan, pemakaian dan penyimpanannya. Softlens yang baik biasanya memiliki masa simpan maksimal 3 bulan. Setelahnya otomatis harus diganti dengan softlens yang baru.

iritasi mata
Foto : cari–info.blogspot.com

Cara Mengatasi Iritasi Mata Karena Softlens

Namun, bagaimana jika sudah terlanjur terkena iritasi mata karena softlens? Nah, berikut cara mengatasi iritasi mata karena softlens :

• Bersihkan softlens anda secara teratur, serta hindarilah penggunaan softlens pada lingkungan yang berdebu. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga softlens anda tetap bersih.

• Jika mata anda merasa gatal saat menggunakan softlens, tetesilah dengan obat tetes khusus untuk pemakai softlens.

• Pahamilah dengan benar kapan waktu expite dari softlens anda. Apakah harian, bulanan atau 3 bulanan. Tanyakan informasi tersebut pada penjual softlens saat anda membelinya.

• Hindari penggunaan softlens saat mata merasa gatal, berair atau merah. Karena jika memaksakan terus menggunakan softlens pada kondisi tersebut, maka iritasi akan semakin parah.

• Gunakanlah obat tetes mata khusus mata iritasi yang banyak tersedia di apotek.

• Jika dalam kurun waktu tertentu iritasi tak kunjung membaik, segera periksakan pada Dokter spesialis mata.
Bagi anda yang gemar menggunakan softlens, lebih baik berhat-hati dengan benda yang satu ini. Gunakan sesuai porsi dan fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *