Ciri-Luka-Diabetes-Kenali-Sejak-Dini
Foto : mataikan.org

Ciri Luka Diabetes Kenali Sejak Dini Terbaru

Posted on

Ciri Luka Diabetes Kenali Sejak Dini – Penyakit diabetes kini kian meningkat penderitanya hingga 300 juta lebih di dunia. Bahkan menurut WHO, penderita diabetes akan meningkat menjadi 600 juta di tahun2030. Efek negatif yang sangat mungkin terjadi pada penderitanya yaitu luka yang sulit sembuh.

Penyakit diabetes itu sendiri diakibatkan oleh kurangnya produksi insulin yang berfungsi mengatur kuantitas kadar gula darah. Bila sudah berlebihan kadarnya, maka akan muncul sebuah luka. Apa ciri-cirinya? Tentu tidak sembarang luka.

Ciri Luka Diabetes
Foto : http://dyosaurus.blogspot.co.id

Ciri Luka Diabetes Kenali Sejak Dini

1. Tanda-tanda Awal Luka Diabetes

Luka pada tubuh Anda bisa saja disebabkan oleh banyak faktor baik dari luar maupun dalam. Jika luka dari luar pastinya akan langsung terdeteksi penyebabnya dari mana.

Sedangkan luka dari dalam, maka kita belum bisa menyimpulkan penyebabnya. Namun, Anda perlu waspada bila mengalami tanda-tanda berikut ini yang merupakan tanda gejala luka diabetes.

Tanda pertama yaitu kesemutan pada kaki. Kebanyakan orang yang menderita diabetes akan mengalami luka pada kaki. Sayangnya, tidak semua orang menyadari bahwa kesemutan merupakan tanda awal dari diabetes. Setelah itu akan mengalami mati rasa pada bagian yang kesemutan.

Untuk tanda selanjutnya yaitu muncul luka pada kaki berwarna gelap. Pada tanda ini, Anda lebih baik konsultasi dengan dokter untuk diuji laboratorium. Luka yang sudah muncul akan disenangi oleh bakteri yang membuat luka semakin lebar.

Ketika luka sudah terbentuk, akan muncul nanah pada luka tersebut. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang telah berkembang biak. Oleh karena itu, luka diabetes tidak boleh disentuh oleh tangan tanpa sarung tangan steril. Selain itu, tangan yang tidak steril bisa menyebabkan nanah semakin menyebar dan luka memburuk.

Baca juga : Ciri-ciri Iritasi Mata Terbaru

Pembusukan pada luka diabetes sangat mungkin sekali akibat perkembangbiakan bakteri. Bahkan bisa menimbulkan bau busuk hingga menyebabkan jaringan syaraf kaki menjadi rusak.

Anda perlu waspada bahwa pembusukan ini akan semakin menyebar dan menjadi infeksi. Nah, inilah akhirnya membuat luka diabetes sulit kering dan sembuh. Ciri fisik luka diabetes terlihat kebiruan, menghitam, dan kemudian berair.

2. Penyebab Luka Diabetes

Luka diabetes sulit disembuhkan karena ada beberapa penyebab pastinya. Apa saja penyebabnya? Nah, hal pertama yang menyebabkan luka adalah gangguan insulin yang tidak berfungsi sempurna.

Selain itu, produksi insulin juga berkurang akibat pankreas yang rusak. Kadar gula darah naik dan menumpuk di daerah kaki yang menyebabkan luka pada kaki.

Medis menyatakan bahwa tidak semua orang penderita diabetes basah mengalami luka diabetes. Namun, perlu waspada pada luka diabetes hingga bernanah karena akan mengalami neuropathy. Penyakit ini disebabkan jaringan syaraf yang mengalami gangguan bahkan rusak.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Iritasi Mata dengan Bahan Alami Terbaru

Hal ini membuat Anda menjadi mati rasa pada kaki. Oleh karena itu, alangkah baiknya silakan Anda konsultasikan pada dokter agar mendapat keterangan pasti dan penanganan tepat. Ciri luka diabetes tersebut bisa memiliki ciri fisik lainnya yang bisa dijelaskan lebih lanjut oleh ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *