Iritasi-mata-karena-softlens
Foto : www.insto.co.id

Ciri-ciri Iritasi Mata Terbaru

Posted on

Iritasi mata adalah suatu gejala dimana mata mengalami gangguan berupa rasa gatal, mata memerah, berair, perih dan kering. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kebersihan lingkungan.

Debu biasanya adalah penyebab utama terjadinya iritasi pada mata. Ciri-ciri iritasi mata sangat mudah untuk dikenali. Karena iritasi mata pada dasarnya masih dikategorikan penyakit mata ringan.

Iritasi mata biasanya menyerang mata bagian luar atau kelopak mata. Penyakit ini sering disebut radang pada kelopak atau permukaan mata. Disebabkan karena adanya kotoran atau virus yang menempel pada selaput mata atau kelopak mata. Mata menjadi gatal atau memerah dan berair, sehingga menyebabkan iritasi.

ciri-iritasi-mata
Foto : www.sweetlikeapeach.com

Ciri-Ciri Iritasi Mata

Ciri-ciri iritasi mata yang dapat diamati adalah sebagai berikut :

• Mata terasa gatal dan seperti ada sesuatu yang mengganjal disekitar mata anda. Hal ini biasanya memaksa anda untuk mengucek mata.

• Mata berair, diakibatkan karena mata mengeluarkan cairan terus-menerus. Biasanya dapat terjadi pula saat mata anda mengalami sakit dan terjadi benjolan dikelopak mata. Saat benjolan pecah, mengeluarkan cairan dan masuk kedalam mata sehingga mengakibatkan iritasi.

• Mata merah, biasanya mata terasa perih dan berwarna merah pada permukaan mata atau daerah sekitar mata

Baca juga : Cara Mengobati Luka Diabetes Menghitam Terbaru

• Mata kering, mata terasa kering dan tidak nyaman. Hal ini dapat terjadi saat anda terlalu lama bekerja didepan computer anda. Karena sinar radiasi pada alat elektronik seperti laptop dan hanphone dapat menyebabkan kekeringan pada mata.

iritasi mata
Foto : caraterbarumengatasi.com

Pengobatan Iritasi Mata

Kurang lebih itulah beberapa ciri-ciri iritasi mata yang mudah untuk diamati dan dikenali. Segera lakukan tindakan seperti dibawah ini jika anda merasakan hal-hal seperti diatas :

• Bersihkan mata anda dengan Kapas basah atau kain lembut basah, namun hindari penggunaan air hangat karena dapat memperparah iritasi.

• Hindari paparan sinar radiasi pada mata secara terus-menerus, misalnya radiasi pada penggunaan hanphone atau laptop.

• Gunakan obat tetes mata, anda bisa membelinya di apotek jika mata anda mulai memerah dan perih.

• Kurang-kurangi menyentuh bagian mata dengan tangan anda. Karena tangan adalah salah satu media yang paling mungkin untuk berpindahnya kotoran kedalam mata.

• Batasi juga penggunaan softlens pada mata anda, karena softlens sangat mungkin menyebabkan mata iritasi. Apalagi jika anda tidak paham cara penggunaan dan perawatan softlens dengan benar.

• Jagalah kebersihan lingkungan sekitar anda. Agar aktivitas anda lebih aman dan tidak mudah terkena debu.

Jika sakit iritasi anda tak kunjung sembuh atau semakin parah, segera konsultasikan pada dokter spesialis mata. Jangan segan-segan menghubungi dokter anda saat anda tidak tahu apa yang terjadi pada mata anda. Ingatlah bahwa mata merupakan jendela dunia. Mata adalah organ vital yang dapat membantu kita melihat lingkungan sekitar.

Baca juga : Cara Agar Luka Diabetes Cepat Kering Terbaru

Nah, Kurang lebih itulah beberapa ciri-ciri iritasi mata dan cara pencegahan pada iritasi mata. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Maka tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda hindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya iritasi pada mata. Karena mata memiliki mata yang sehat merupakan impian bagi setiap manusia. Maka jagalah mata anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *