Foto : www.medicalnewstoday.com

Apakah Luka Diabetes Menular?

Posted on

Banyak yang sering bertanya mengenai luka diabetes apakah menular? Pertanyaan tersebut adalah hal wajar mengingat luka diabetes adalah luka yang cukup berbahaya jika tidak segera diobati.

Terlebih jika orang yang terkena luka memiliki penyakit diabetes. Jika tidak segera diobat maka luka itu bisa melebar dan bahkan bisa membahayakan bagian tubuh yang terkena luka diabetes.

Luka Diabetes Apakah Menular.
Foto : soludia.id

Pengertian Diabetes

Penyakit diabetes atau dikenal juga dengan istilah kencing manis adalah sebuah penyakit yang bisa terjadi pada setiap orang. Bisa orang tua, dewasa, remaja, hingga pada anak – anak pula.

Penyakit diabetes sendiri diakibatkan oleh kadar gula dalam darah yang sangat tinggi. Bisa juga disebabkan organ pankreas mengalami gangguan sehingga tidak lagi bisa memproduksi insulin per harinya.

Selain itu diabetes juga bisa terjadi karena kerusakan gigi yang bisa jadi juga menjadi penyebab terganggunya organ pancreas. Hal ini dikarenakan bakteri yang ditimbulkan oleh gigi rusak dapat masuk ke dalam tubuh dan mengganggu sistem imun seseorang.

Bakteri itulah yang membuat sistem kekebalan tubuh mengeluarkan sebuah sel protein dengan jenis cytokines. Zat dengan jenis cytokine. Itulah yang menjadi penyebab timbulnya kerusakan pada organ pancreas yang membuat sistem metabolisme tubuh manusia menjadi terganggu.

Pada penderita diabetes biasanya akan timbul luka atau borok parah pada kakinya atau organ tubuh lainnya. Di mana luka itu akan lama disembuhkan.

Baca juga : Iritasi Mata Ringan Terbaru

Jika seseorang terdeteksi memiliki luka diabetes seperti borok di kaki dan luka menghitam di bagian organ tubuh lainnya. Maka harus segera mungkin diobati. Mengapa harus segera diobati? Karena luka itu akan cepat melebar.

diabetes menular
Foto : sumedico.com

Apakah Luka Diabetes Menular?

Luka diabetes apakah menular? Jawabannya adalah tidak. Luka itu tidak bisa menular ke sembarang orang. Yang secara kebetulan kaki atau tangannya tersentuh dengan kaki atau organ tubuh lainnya yang memiliki luka diabetes.

Berbeda dengan orang yang memiliki penyakit diabetes. Bisa dikatakan orang yang memiliki penyakit diabetes bisa saja menularkan penyakitnya secara tidak sengaja.

Faktor kebiasaan buruk seperti pola makan yang kurang sehat dan kebiasaan minum minuman manis yang buruk. Bisa membuat pasangan bukan penderita diabetes dapat beresiko 26% lebih tinggi terkena diabetes.

Namun, tidak perlu khawatir sebab penyakit diabetes dapat dicegah dan tidak dapat menular. Apabila seseoran bisa membiasakan pola hidup yang sehat dengan makanan yang bergizi dan juga bernutrisi.

Penderita diabetes juga bisa sembuh apabila ia mau menerapkan pola hidup yang sehat secara rutin bersama pasangannya. Dengan membiasakan pola hidup yang sehat. Maka pasangan bukan penderita diabetes dapat terhindar dari penyakit.

Baca juga : Iritasi Mata Pada Anak Terbaru

Nah, demikian mengenai “Luka Diabetes Apakah Menular?” . Dari ulasan di atas dapat disimpulkan apabila diabetes tidak dapat menular. Sementara untuk penyakit diabetes bisa saja menular melalui pola hidup yang kurang sehat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *