2-Jenis-Luka-Diabetes-yang-Patut-Diwaspadai
Foto : fenditazkirah.blogspot.co.id

2 Jenis Luka Diabetes yang Patut Diwaspadai Terbaru

Posted on

Tidak ada satupun manusia di dunia yang ingin memiliki penyakit diabetes. Penyakit diabetes adalah penyakit yang bisa menyebabkn kematian bagi yang tidak bisa mengobatinya. Berikut adalah ulasan mengenai 2 jenis luka diabetes.

Namun sebelum mengenal jenis-jenis luka diabetes, ada bainya mengenal tipe-tipe penyakit diabetes. Apakah sudah masuk dalam kategori parah ataukah masih bisa dicegah?

tipe diabetes
Foto : ObatUntukPenyakit.com

Tipe-tipe Diabetes

1. Diabetes Insulin Dependent

Pada tipe 1 ini, terdapat sekitar 10% orang yang mengidap diabetes yang bergantung pada insulin. Tubuh mereka tidak bisa memproduksi insulin secara normal. Oleh sebab itu suntikan insulin secara teratur dibutuhkan untuk memelihara gula darah agar normal.

2. Diabetes Non-Insulin Dependent

Sementara itu pada jenis diabetes tipe 2 ini adalah sekitar 85% orang yang mengidap diabetes ini tidak bergantung pada insulin. Tubuh mereka memproduksi sejumlah insulin, namun produksi tersebut itu tidak mencukupi atau bisa dikatakan cacat.

Baca juga : Apakah Luka Diabetes Menular?

Jenis Luka Diabetes yang Patut Diwaspadai
Foto : obatpenyakit.id

Jenis-jenis Diabetes

1. Diabetes karena kekurangan gizi.

Di kalangan kaum muda diabetes dengan kekurangan gizi yang parah dan kelaparan pada umumnya terkait dengan malnutrisi. Walaupun kondisi maltrunisi tersebut mengakibatkan tingginya gula darah.

Namun beberapa komplikasi yang berasosiasi dengan jenis-jenis diabetes lainnya tidak ada. Maka dari itu kebutuhan akan insulin sangat diperlukan untuk mengendalikan diabetes yang berkaitan dengan adanya malnutrisi.

2. Diabetes Gestasional.

Sebagian ibu hamil memiliki kadar gula darah yang tinggi selama mereka hamil. Nah, diabetes yang terjadi selama ibu sedang hamil disebut dengan diabetes gestasional.

Kenali luka di tubuh Anda jika terdeteksi mengalami gejala diabetes. Jenis luka diabetes ada 2 macam, yakni gangrene kering dan gangrene basah. Gangren pada dasarnya adalah kematian jaringan karena kurangnya pasokan darah dan invasi lebih dalam pada jaringan disebabkan adanya infeksi.

Ciri pada gangren kering adalah. Dicirikan oleh luka dengan rasa dingin, tanpa rasa sakit dan kering serta berkerut yang mempengaruhi beberapa bagian. Gangrene kering ini ada di sekitar kulit yang sehat.
Sementara untuk ciri gangrene basah adalah.

Terjadi ketika sebuah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang lebih dalam jaringan. Setelah luka-luka, gigitan, kaki borok atau luka bakar. Dari luka tersebut muncullah pembengkakan yang berlebihan dari bagian tubuh yang sedang terkena luka. Pembengkakan itu sendiri adalah berfungsi untuk melepaskan racun dari bakteri.

Pembengkakan tersebut mengakibatkan penyumbatan pasokan darah. Sehingga membuat infeksi semakin parah seperti sel-sel darah putih yang tidak bisa mencapai area melalui pembuluh darah.

Gangrene basah sendiri dapat menyebar jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan gangren kering. Gangrene basah mengakibatkan komplikasi yang bisa mengancam jiwa seseorang seperti syok septik jika tidak diobati dengan sesegara mungkin.

Jika luka diabetes ini tidak segera diobati maka lukatersebut akan semakin menyebar di berbagai daerah di tubuh penderita. Terlebih jika penderita juga memiliki penyakit diabetes. Maka luka diabetes itu akan semakin cepat melebar dan bahkan pengobatannya akan semakin sulit.

Baca juga : 3 Obat Luka Diabetes dengan Cepat Terbaru

Agar luka diabetes cepat kering maka gunakan saja obat-obatan herbal ataupun salep yang bisa dioleskan di luka diabetes penderita. Hal yang perlu diperhatikan adalah berhati-hatilah dalam mengoleskan obat-obatan herbal ataupun salep. Lakukan dengan rutin hingga luka segera mengering. Jangan sampai jenis luka diabetes melebar ke berbagai daerah di tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *